Produsen ban MotoGP , Michelin enggan disalahkan rider Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi atas masalahnya di Sirkuit Losail, Qatar, beberapa waktu lalu. Saat seri pertama MotoGP 2019 di Qatar, Rossi mencatatkan waktu terbaik di sesi latihan pertama. Namun, pembalap asal Italia itu terpuruk di sesi kedua dan membuatnya balapan dari posisi ke-14.

Untungnya, saat balapan, Rossi berhasil mendulang poin. Dia finis di posisi kelima. Rossi sendiri merasa bingung dengan masalah yang dialaminya, meski dia menggunakan ban depan yang sama. Manajer of the Two-Wheel Michelin Motorsport, Piero Taramasso mengatakan, Rossi bisa terpuruk karena settingan motor yang salah, bukan masalah ban depan. "Tampaknya itu terkait dengan set-up motor. Rossi mengerem sangat keras, terlambat, tidak seperti Marc Marquez. Rossi cukup agresif dan dia membutuhkan keseimbangan yang sangat, sangat baik untuk mengimbangi ban depannya," kata Taramasso, dikutip dari Motor Sport.

Lebih lanjut, dia mengatakan, Rossi tidak menyesuaikan ban dengan faktor lainnya di Sirkuit Losail. Hal tersebut, menurut Taramasso menjadi penyebab utama Rossi sempat terpuruk saat sesi latihan bebas kedua MotoGP Qatar. "Di Losail, Rossi memiliki masalah. Dengan pasir di lintasan, kelembaban, suhu rendah, setiap pembalap memiliki masalah untuk membuat ban depan bekerja, dan jika penyesuaian Anda tidak sempurna, Anda menciptakan graining dan ban Anda cepat aus," ucapnya.

Tak hanya Rossi, Taramasso juga mendapat keluhan yang sama dari pembalap MotoGP lainnya. Namun dia menegaskan, masalah itu bukan diakibatkan oleh Michelin. "Rossi bukan satu-satunya, pembalap lain juga mengalami masalah sama. Jika Anda turun ke trek, Anda akan melihat bahwa kadang-kadang ada graining pada ban." "Perlu untuk melakukan lebih banyak putaran dan biasanya dapat dibersihkan. Dalam beberapa kasus, jika set-up tidak benar, maka tidak pernah bisa dibersihkan," ujarnya Taramasso.

Comments

    • GSG 9
      GSG 9

      Sttttt...VR 46 POTENSI PNDAH KE SUZUKI !!!!

      about 23 days ago
    • Emet Helmi
      Emet Helmi

      Mungkin qatar tdk ada untung menyelenggarakan balapan, kapasitas tribun saja hanya 8 ribu itupun blum tentu penuh oleh penonton, mungkin hanya adu gengsi dgn negara tetangganya seperty bahrain dan UEA yg menyelenggarakn balapn kls dunia

      about 24 days ago
    • Rozi 12
      Rozi 12

      pakai ban stumbal aja kalau pengen awet

      about 25 days ago
    • Tomy Mr
      Tomy Mr

      Amang ada ban ghoib????...😂😂😂

      about 25 days ago